KUTAI TIMUR – Polymerase Chain Reaction (PCR) telah tiba di RSUD Abdul Wahab Syahranie Samarinda dan RS Pertamina Balikpapan pada Minggu (17/05/2020). Dalam waktu dekat, Kalimantan Timur akan segera melakukan uji swab mandiri menggunakan PCR.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Timur, Andi Muhammad Ishak menyampaikan bahwa pada Selasa (19/05/2020) akan dilakukan uji coba tes PCR di RSUD Abdul Wahab Syahranie (AWS) Samarinda.

“Jadi besok akan dilakukan swab awal pada kasus PDP di Samarinda. Sebagai sampel, kami ambil 24 kasus dulu,” kata Andi pada konferensi pers Senin (18/05/2020).

Diketahui, reagen adalah cairan yang digunakan untuk mengetahui reaksi kimia, dalam hal ini untuk mendeteksi infeksi Covid-19 melalui PCR.

Telah tersedia sebanyak 1.440 tes reagen di RSUD AWS Samarinda dari hasil pembelian sendiri oleh manajemen RSUD AWS Samarinda.

Sementara untuk bantuan pusat diterima sebanyak 9.600 tes yang telah dikirim ke Laboratorium Kesehatan Kaltim di Samarinda dan RS Pertamina Balikpapan.

“RS Pertamina Balikpapan telah lebih dulu melaksanakan pengujian menggunakan PCR pada hari ini (Senin), namun hasilnya belum dilaporkan ke Dinkes Kaltim. Di sana (RS Pertamina), jumlah reagen ada 4.800 tes,” lanjut Andi.

Untuk tes swab di Lab Kesehatan Kaltim, pihaknya juga menerima bantuan reagen sebanyak 4.800 tes dan pembelian sendiri sebanyak 2.000 tes.

Disampaikan, teknisi dari Kemenkes RI akan memberikan pelatihan dan kalibrasi alat PCR di Lab Kesehatan.

“Di Lab Kesehatan Kaltim, reagen sudah tiba. Agar bisa digunakan untuk tes PCR, perlu dilakukan standardisasi ringan terlebih dahulu. Selain itu, petugas laboratorium butuh pelatihan dalam hal penggunaannya. Ditarget akhir bulan ini (Mei), Lab Kesehatan Kaltim sudah bisa melakukan tes swab mandiri,” pungkasnya. (Ira Jalil_ Relawan Covid-19) 

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *