Kutai Timur – Sabtu (25/04), bertambah 5 kasus positif Covid-19 di Kutai Timur. Pada Press Conference, Juru Bicara Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Timur Andi Muhammad Ishak mengumumkan, “Ada penambahan 12 kasus positif Covid-19 di Kalimantan Timur, 5 di antaranya berasal dari Kutai Timur.”

Kasus pertama saat ini merupakan kasus PDP sebelumnya. Wanita 17 tahun adalah pelaku perjalanan dari Jogjakarta yang telah melakukan isolasi mandiri di rumah sejak 07 April 2020 dengan keluhan demam, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan.

Kasus kedua, wanita 23 tahun yang juga merupakan kasus PDP sebelumnya dan dirawat di RSUD Kudungga Sangatta sejak 14 April 2020 dengan keluhan demam dan batuk.

Kasus ketiga laki-laki 26 tahun, adalah kasus PDP yang dirawat di RSUD Kudungga Sangatta dengan keluhan batuk.

Kasus keempat laki-laki 58 tahun, merupakan kasus PDP yang dirawat di RSUD Kudungga sejak 30 Maret 2020. Kasus ini memiliki komorbit (penyakit penyerta/pendamping) yaitu ginjal.  

Kasus kelima adalah wanita 50 tahun, merupakan kasus PDP yang dirawat di RSUD Kudungga sejak 15 April 2020 dengan keluhan batuk dan sakit tenggorokan. Pasien juga memiliki komorbid hipertensi, diabetes mellitus (DM), serta hasil rapid tes terkonfirmasi reaktif Covid-19.

Hingga saat ini, total kasus positif Covid-19 di Kutim menjadi 11 kasus. 2 kasus dinyatakan telah sembuh/negatif Covid-19. Sedangkan kasus PDP yang dinyatakan negatif Covid-19 bertambah 1 kasus. Pasien adalah pelaku perjalanan dari Gowa yang telah dirawat di RSUD Kudungga Sangatta sejak 10 April 2020.

Dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19, pemerintah selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk melindungi diri dan melindungi sesama. Rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, selalu menciptakan kondisi rasa senang agar imunitas tubuh tetap terjaga (tidak stres), memakan makanan yang bergizi, menggunakan masker jika berada di luar rumah, serta diupayakan untuk beraktivitas di rumah (belajar, sholat, dan beribadah).  

(Ira Jalil _ Relawan Digital Covid-19)

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *