Kutai Timur – Dikutip dari www.kaltimprov.go.id, ada 9 dari 10 rumah sakit rujukan di Kalimantan Timur yang menangani kasus Covid-19, memberikan laporan limbah Covid-19 secara keseluruhan mencapai 2.378,4 kg sejak 1 hingga 10 April 2020. Sebanyak 2.207,4 kg dikelola secara mandiri dan sebanyak 171 kg diserahkan ke pihak ketiga yaitu Pengelola Limbah Kutai Kartanegara (PLKK). Kepala DLH Kaltim Encek Ahmad Rafidin Rizal mengatakan bagi rumah sakit yang memiliki fasilitas pengolahan limbah B3 dapat melakukan pengelolaan secara mandiri dan harus sesuai SOP. Sedangkan rumah sakit yang tidak memiliki fasilitas pengolahan limbah (incinerator), namun memiliki izin TPS LB3, mereka melakukan penyimpanan limbah B3 tersebut dan melaksanakan kontrak dengan pihak ketiga yaitu perusahaan pengolah limbah B3.

Limbah Covid-19 adalah jenis Limbah Infeksius (B3) yang dihasilkan dari penanganan Covid-19 berupa masker, kain kasa, tisu bekas, wadah bekas makan /minuman, alat dan jarum suntik, set infus, sarung tangan, baju pelindung diri, serta peralatan dari laboratorium. Limbah Covid-19 ini harus “diabukan” agar tidak menjadi sumber atau perantara baru untuk penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, sejak kasus Covid-19 muncul pertama kali di Kalimantan Timur (18/03/2020) hingga akhir Maret, sebanyak 2.493 kg limbah yang dihasilkan. 2.280 kg dikelola secara mandiri dengan incinerator rumah sakit dan 213,5 kg diserahkan ke PLKK.
Dari data di atas, dapat kita ketahui bahwa limbah yang telah dihasilkan dari pandemi Covid-19 ini tidak sedikit. Semakin banyak yang terpapar, maka akan semakin banyak pula limbah Covid-19. Demi mengurangi limbah tersebut, maka disarankan kepada masyarakat untuk selalu mengikuti instruksi pemerintah yaitu beraktivitas di rumah, melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) salahsatunya dengan rajin mencuci tangan, social distancing, physical distancing, dan wajib menggunakan masker saat berada di luar rumah. (Ira Jalil _ Relawan Digital Covid-19) ======================== #RelawanDigitalCovid19
#LindungiDiri
#LindungiSesama

Follow Social Media Kami:
IG : RelawanDigitalCovid19
FB : Relawan Digital Covid

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *